Secuil Matematika dalam agama


Coba perhatikan, umumnya tangan manusia memiliki lekukan seperti gambar di bawah. Apabila dituliskan dalam angka arab yaitu membentuk angka 18 dan 81. Bila kita gabungkan angka 18 dan 81 pada telapak tangan kanan dan kiri kita akan menghasilkan angka ajaib karena 18 + 81 = 99 (asmaul Husna) dan apabila dikurangi 81 – 18 = 63 (umur Rasulullah ketika wafat)

sedangkan apabila digabungkan 1881 maka hasilnya 1881 = 19 X 99

Angka 19 –>

“Neraka (saqar) adalah pembakar kulit manusia. Di atasnya ada sembilan belas (19) penjaga Dan tiada Kami jadikan penjaga neraka itu melainkan dari malaikat; dan tidaklah Kami jadikan bilangan mereka itu untuk jadi cobaan bagi orang-orang kafir, supaya orang¬orang yang diberi Kitab menjadi yakin, dan supaya orang-orang yang beriman bertambah imannya, dan supaya orang-orang Mukmin itu tidak ragu-ragu dan supaya orang-orang yang di dalam hatinya ada penyakit dan orang-orang kafir (mengatakan): ‘Apakah yang dikehendaki Allah dengan bilangan ini sebagai suatu perumpamaan?” (al-Muddatstsir 74: 29-31)

Keistimewaan angka 19 dalam ilmu matematika dikenal sebagai salah satu ‘Bilangan Prima’ yakni bilangan yang tak habis dibagi dengan bilangan manapun kecuali dengan dirinya sendiri. Keistimewaan tersebut melambangkan bahwa sifat-Nya yang serba MAHA tidak dibagikan kepada siapapun juga kecuali bagi diri-Nya sendiri.

Dan juga angka 1 melambangkan sifat-Nya yang ‘Maha Esa’, sedangkan angka 9 sebagai bilangan pokok terbesar melambangkan salah satu sifatnya yaitu ‘Maha Besar’. Selain itu, 19 merupakan jumlah huruf dalam kalimat Basmalah, yaitu kalimat yang mengawali setiap surat dlm Alquran, dan kalimat yg mengawali ketika seorang muslim berdoa……

Mari kita renungkan ayat ini “Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda Kami di segala wilayah bumi dan pada diri mereka sendiri, hingga jelas bagi mereka bahwa Al-Quran itu adalah benar. Tiadakah cukup bahwa sesungguhnya Tuhanmu menjadi saksi atas segala sesuatu?” (QS. Fushshilat 41:53)

Semoga bermanfaat dan membuka kesadaran kita akan Kekuasaan dan KeEsaan Allah Swt. J

Kritik dan Saran

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s