Selayang Pandang P2KP


Program yang dilaksanakan pemerintah selama ini tidak bertumpu pada pemberdayaan masyarakat, hanya akan selesai begitu saja ketika program telah selesai. Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan (P2KP) adalah program dari pemerintah yang jauh berbeda dari program-program selama ini. P2KP adalah program yang diharapkan terjadi pemberdayaan masyarakat sendiri. Karena mulai dari perencanaan, penyusunan program, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi dilakukan oleh masyarakat sendiri. Program ini dikembangkan oleh masyarakat sendiri sehingga nanti pada akhirnya akan dimiliki oleh masyarakat juga.

Hingga saat ini permasalahan kemiskinan masih memerlukan waktu untuk mengatasinya. Bukan suatu pekerjaan yang mudah untuk memutus mata rantai kemiskinan itu, karena kemiskinan pada dasarnya bukan hanya permasalahan ekonomi tetapi lebih bersifat multidimensional. Bukan hanya faktor internal yang ada pada masyarakat, seperti rendahnya pendidikan, rendahnya pendapatan, dan kualitas kesehatan, melainkan juga karena faktor eksternal, yaitu kondisi alam, sosial, politik, hukum, ekonomi, bahkan kejadian yang tidak terduga seperti bencana alam.

Kajian permasalahan potensial dalam pengentasan kemiskinan yang diangkat oleh P2KP adalah dalam bidang lingkungan, sosial dan ekonomi. Bidang Lingkungan berkaitan dengan pembangunan, perbaikan dan pemeliharaan diwilayah terkait. Bidang sosial berkaitan dengan pemberdayaan dg kegiatan-kegiatan sosial dalam masyarakat. Sedangkan bidang ekonomi bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui bantuan pinjaman bergulir pada usaha mikro.

Prinsip umum dan azas yang diharapkan dapat diperhatikan oleh seluruh masyarakat tentang P2KP adalah sebagai berikut:

  1. Pelaksanaan P2KP diprioritaskan pada pelayanan masyarakat yang termiskin. Pelayanan itu dengan menetapkan kelompok penduduk miskin dan kelompok rentan miskin, dengan diberikan perhatian lebih besar.
  2. P2KP dilaksanakan dengan berazaskan pada pemberdayaan masyarakat dan kegiatan padat karya, sehingga terbentuk satu rangkaian dari, oleh, dan untuk masyarakat.
  3. P2KP juga didasarkan pada azas partisipatif. Artinya, penerapan proses membangun kesepakatan di antara warga dalam menyusun rencana aksi masyarakat. Warga yang terlibat dapat menentukan sendiri kegiatan pembangunan, namun perhatian harus seimbang dan proporsional pada setiap kegiatan.
  4. P2KP juga didasarkan pada kemitraan, sehingga diharapkan kelurahan ikut dalam memperbaiki kualitas kegiatan. P2KP dapat juga bermitra dengan pihak-pihak yang peduli dalam pengentasan kemiskinan ataupun pengembang modal.

Dengan kerjasama yang baik dari berbagai pihak diharapkan mengungkapkan lebih jauh tentang strategi implementasi P2KP, sehingga menumbuhkan minat, komitmen, dan dukungan masyarakat yang kuat untuk berpartisipasi dalam menanggulangi kemiskinan.

Pada intinya Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan (P2KP) yang sekarang berganti nama menjadi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) adalah program yang diharapkan mampu mensukseskan Tujuan Pembangunan Milenium (Millenium Development Goals) atau MDG’s.

Ada delapan sasaran MDGs yang target waktunya 2015. Kedelapan sasaran itu adalah:

  1. mengurangi setengah dari penduduk dunia yang berpenghasilan kurang dari 1 dolar AS sehari.
  2. memastikan setiap anak, laki-laki dan perempuan, menyelesaikan tahap pendidikan dasar
  3. memberdayakan perempuan, mengurangi diskriminasi gender pada semua tingkatan
  4. mengurangi tingkat kematian anak usia di bawah 5 tahun hingga dua pertiga
  5. meningkatkan kesehatan ibu dan mengurangi rasio kematian ibu dalam proses melahirkan hingga 75%
  6. memerangi HIV/AIDS, malaria, dan penyakit lainnya
  7. menjamin keberlanjutan lingkungan serta merehabilitasi sumber daya, di mana ditargetkan jumlah orang yang tidak memiliki akses air minum berkurang setengahnya
  8. mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan.



Kritik dan Saran

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s