Pemanasan Global (Global Warming)


Pemanasan global atau Global Warming adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi. Sebagian besar peningkatan suhu rata-rata global disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia melalui efek rumah kaca.

Efek rumah kaca, merupakan proses pemanasan permukaan suatu benda langit (terutama planet atau satelit) disebabkan oleh komposisi dan keadaan atmosfernya. Efek rumah kaca disebabkan karena naiknya konsentrasi gas karbon dioksida (CO2) dan gas-gas lainnya di atmosfer. Kenaikan konsentrasi gas CO2 ini disebabkan oleh kenaikan pembakaran bahan bakar minyak, batu bara dan bahan bakar organik lainnya yang melampaui kemampuan tumbuhan-tumbuhan dan laut untuk menyerapnya.

Dampak dari pemanasan global adalah:

1. Iklim mulai tidak stabil

Akibat dari iklim yang tidak stabil di beberapa belahan bumi akan mendapat keuntungan dengan curah hujan yang lebih tinggi, tetapi di belahan bumi yang lain akan mengalami musim kering yang lebih panjang dari biasanya.

2. Peningkatan permukaan laut

Ketika atmosfer menghangat, lapisan permukaan lautan juga akan menghangat, sehingga volumenya akan membesar dan menaikkan tinggi permukaan laut. Pemanasan juga akan mencairkan banyak es di kutub, akibatnya akan lebih memperbanyak volume air di laut.

3. Suhu global cenderung meningkat

Di beberapa belahan bumi akan terjadi perubahan iklim yang tidak stabil. Daerah-daerah yang sebelumnya mengalami salju ringan, mungkin tidak akan mengalaminya lagi. Suhu pada musim dingin dan malam hari akan cenderung untuk meningkat.

4. Gangguan ekologis

Dalam pemanasan global, hewan cenderung untuk bermigrasi mencari daerah baru karena habitat lamanya menjadi terlalu hangat. Akan tetapi, pembangunan manusia akan menghalangi perpindahan ini. Spesies-spesies yang bermigrasi ke utara atau selatan yang terhalangi oleh kota-kota atau lahan-lahan pertanian mungkin akan mati.

5. Dampak sosial

Perubahan cuaca dapat mengakibatkan munculnya penyakit-penyakit yang berhubungan dengan panas (heat stroke) dan kematian. Temperatur yang panas juga dapat menyebabkan gagal panen sehingga akan muncul kelaparan dan malnutrisi.

Salah satu sumber penyumbang karbon dioksida adalah pembakaran bahan bakar fosil. Konsumsi total bahan bakar fosil di dunia meningkat sebesar 1 persen per-tahun. Langkah-langkah yang dilakukan atau yang sedang diskusikan saat ini tidak ada yang dapat mencegah pemanasan global di masa depan.

Cara yang paling mudah untuk menghilangkan karbon dioksida di udara adalah dengan memelihara pepohonan dan menanam pohon lebih banyak lagi. (Sumber: Wikipedia)

4 responses to “Pemanasan Global (Global Warming)

  1. stop untuk glbal warming
    marilah kita semua untuk merawat bumi tercinta kita ini,misalnya dengan menanam seribu pohon untuk penghijauan!!!agar terhindar dari dari bencana!!!

Kritik dan Saran

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s