Makanan Sehari-hari yang Menyehatkan


Kalau bicara masalah makanan yang menyehatkan tentu terkait dengan kandungan gizi di dalamnya. Di sini sedikit dijabarkan tentang makanan yang kita konsumsi sehari-hari  lalu manfaatnya apa bagi tubuh kita.

1. Tempe

Tempe kaya akan serat pangan, kalsium, vitamin B dan zat besi. Berbagai macam kandungan dalam tempe mempunyai nilai obat, seperti antibiotika untuk menyembuhkan infeksi dan antioksidan pencegah penyakit degeneratif  (jantung koroner, diabetes melitus, kanker).

2. Cabai

Cabai rawit banyak mengandung vitamin C dan betakaroten (provitamin A), lebih daripada buah-buahan seperti mangga, nanas, dan semangka. Cabai dapat meredakan pilek dan hidung tersumbat. Dengan mengkonsumsi capsaicin (zat dalam cabai) secara rutin darah akan tetap encer dan kerak lemak pada pembuluh darah tidak akan terbentuk sehingga berkhasiat mengurangi terjadinya penggumpalan darah.

3. Telur

Telur adalah salah satu jenis ‘makanan super’ dengan kandungan nutrisi untuk meningkatkan kesehatan tubuh, seperti membantu mengatasi obesitas. Kandungan antioksidan dalam telur  bermanfaat untuk kesehatan mata. Telur mengandung asam amino esensial terkaya yang penting untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tubuh.

4. Bayam

Secara umum, bayam dapat meningkatkan kinerja ginjal & melancarkan pencernaan. Daun bayam digunakan untuk memperkuat akar rambut serta mengobati tekanan darah rendah, kurang darah (anemia) dan gagal ginjal. Selain itu, sayur bayam memiliki khasiat untuk mencegah hilangnya penglihatan akibat usia yang menua, penyakit kanker, dan katarak. Bayam adalah sumber lutein dan folate yang hebat, yang membantu mencegah penyakit jantung & bayi yang lahir cacat.

5. Tomat

Dalam pigmen warna merah pada tomat lebih banyak mengandung lycopene, yaitu suatu zat antioksidan yang dapat menghancurkan radikal bebas dalam tubuh akibat rokok, polusi dan sinar ultraviolet. lycopene juga berkhasiat membantu mencegah kerusakan sel yang dapat mengakibatkan kanker leher rahim, kanker prostat, kanker perut dan kanker pankreas. Manfaat yang lain yaitu membantu menjaga kesehatan organ hati, ginjal, dan mencegah kesulitan buang air besar.

6. Ikan

Daging ikan memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang berperan dalam melindungi jantung. Daging ikan ini mampu menurunkan kolesterol dalam darah, memperbaiki fungsi dinding pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, mencegah terjadinya penggumpalan darah, dan sangat diperlukan untuk pembentukan otak.

Dan masih banyak lagi makanan yang menyehatkan bagi tubuh kita. Kesimpulannya adalah secara tidak langsung makanan yang kita konsumsi ternyata mengandung zat-zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tapi yang lebih penting adalah untuk selalu menjaga kesehatan. Karena kesehatan itu mahal harganya. J

Kritik dan Saran

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s