Remaja Sekarang


Apabila kita melihat perilaku remaja sekarang, pasti kita akan melihat pemandangan yang cukup miris. Banyak hal yang dilakukan oleh remaja tidak seharusnya dilakukan. Mulai dari cara berhias diri (remaja di sulap dewasa) , berpacaran yang blak-blak an, tawuran, remaja yang memenuhi angkringan (warung kopi pinggir jalan), merokok dan lain sebagainya.

Kurangnya pendidikan moral dalam keluarga, atau di sekolah, dan kurangnya penanaman nilai-nilai agama bisa menyebabkan kenakalan remaja. Kemajuan teknologi yang tidak kita sikapi dengan arif, juga menjadi salah satu pendorong kenakalan tersebut. Pengaruh televisi, warnet, handphone, playstation dan teknologi lain yang semakin canggih apabila tidak dimanfaatkan dengan baik maka akan lebih banyak pengaruh yang buruk daripada manfaatnya.

Masa remaja adalah masa ingin tahu, istilahnya berfikir hanya satu kali. Asal senang akan dilakukan, walau itu tidak sesuai dengan norma dalam masyarakat. Kondisi kejiwaan pun masih labil. Pengaruh dari lingkungan lebih sangat mempengaruhi remaja untuk berbuat tidak baik.

Padahal remaja memiliki peranan penting dalam masyarakat. Kesadaran diri atas tanggung jawab sebagai generasi muda penerus bangsa sangat diharapkan. Apabila kondisi remaja sekarang buruk, maka buruklah tatanan kehidupan di masa yang akan datang. Di bahu remaja ke depan segala urusan nanti akan diserahkan.

Menyalurkan bakat yang dimiliki adalah salah satu kegiatan positif yang bisa dilakukan. Kebiasaan sedari awal melakukan tindakan positif, sportif akan mencetak generasi yang sehat, tidak loyo, dan pantang menyerah dalam menghadapi setiap permasalahan. Kebiasaan baik yang diajarkan dalam keluarga juga mampu membentengi diri terhadap pengaruh-pengaruh dari luar yang tidak baik.

Kritik dan Saran

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s