FAKTA MINUMAN BERKARBONASI


Minuman berkarbonasi (bersoda) banyak dikonsumsi masyarakat dunia, terutama remaja dan anak-anak. Disebut minuman berkarbonasi karena pada minuman ini ditambahkan gas karbondiokasida (CO2). Dalam minuman ini banyak terkandung pemanis buatan, zat aditif untuk citarasa, gas CO2, zat pewarna dan kafein.

Apabila kita menuangkan satu kaleng minuman berkarbonasi di dalam dalam kloset, kemudian dibiarkan selama satu jam, lalu kita bersihkan menggunakan spon, maka seluruh bercak hitam yang ada telah hilang. Demikian itu dikarenakan senyawa asam telah menghilangkannya dengan reaksi yang kuat. Minuman berkarbonasi juga dapat mengilangkan karat (antikarat) dan menghilangan kerak pada keramik.

Meskipun zat-zat yang terkandung dalam minuman berkarbonasi berguna dalam kehidupan sehari-hari tetapi tidak sama halnya terhadap tubuh manusia. Pada tubuh manusia zat-zat tersebut malah berbahaya. Bahaya minuman berkarbonasi dapat kita lihat dalam uraian berikut:

Minuman ini dapat menyebabkan penyakit batu ginjal. Penyakit ini terjadi akibat adanya batu di dalam ginjal kita. Batu ini adalah endapan kalsium dalam tubuh yang berbentuk kristal. Asam fosfat pada minuman berkarbonasi ini bisa menyebabkan kalsium dalam tubuh tidak bisa larut, mengendap dan mengkristal. Mengandung CO2 yang menyebabkan lambung tidak bisa menghasilkan enzim yang sangat penting bagi proses pencernaan.

Mengandung kafein yang menyebabkan meningkatnya frekuensi detak jantung, naiknya tekanan darah, gula dalam darah, bertambahnya keasaman lambung, bertambahnya hormon-hormon dalam darah yang kadang bisa menyebabkan radang dan terlukanya lambung serta usus dua belas jari.

Mengandung zat asam fosfor yang menyebabkan rapuh dan lemahnya tulang, khususnya pada usia pertumbuhan, dimana yang demikian banyak menjadikan keretakan pada tulang. Derajat keasaman (pH) pada minuman-minuman bersoda mencapai 3-4 (sangat asam), yang dengan pH tersebut, cukup untuk meluruhkan gigi dan tulang bersamaan dengan berjalannya waktu.

Demikian uraian yang bisa saya uraikan tentang minuman berkarbonasi, semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah wawasan kita dan selalu untuk menjaga kesehatan. Semoga bermanfaat!


Kritik dan Saran

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s