Bedah Rumah di Nologaten


Kegiatan bedah rumah tidak hanya ada di acara televisi saja, tetapi di Kelurahan Nologaten Kecamatan Ponorogo juga ada. Tepatnya di rumah Bapak Ismun, RT 01 RW 01 Lingkungan Hasanudin. Bulan Januari lalu Bapak Ismun mendapat bantuan dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM-MP) melalui BKM Amanah Kelurahan Nologaten.

Dana bantuan yang diberikan senilai Rp. 5.000.000,00 dengan target swadaya Rp. 1.250.000,00 dengan total Rp. 6.250.000,00 ternyata setelah selesai pengerjaan total pengerjaan hingga Rp. 17.000.000,00. “Ini memang tidak dibayangkan kalau swadaya melebihi target” menurut Bapak Didik Hermawan selaku Unit Pengelola Lingkungan dan Pelaksana kegiatan tersebut.

Memang Bapak Ismun yang bekerja sebagai kuli dan buruh tani ini dalam melaksanakan pekerjaanya selalu iklas, sehingga ketika beliau memiliki gawe, maka banyak warga yang membantu baik berupa uang maupun material, termasuk dari sanak keluarganya. Ibarat bila menanam kebaikan maka akan memanen kebaikan pula. “Alhamdulillah mas dapat bantuan, tapi namanya rumah rasanya ya begini sama saja ketika belum direhab” ujar Bapak Ismun dengan merendah.

Kegiatan rehab rumah ini tidak hanya ditempat Bapak Ismun saja tetapi di beberapa KK di Kelurahan Nologaten, seperti di tempatnya Bapak Sadiko RT 03 RW 02 Lingkungan Sultan Agung dan Bapak Hasyim Rt 03 RW 03 Lingkungan Sultan Agung. Kegiatan PNPM bidang lingkungan tidak hanya untuk pemanfaat yang bersifat pribadi tetapi juga untuk kepentingan bersama, seperti pavingisasi jalan, rehab selokan, pengaspalan dll.

Seperti diketahui dana PNPM memang bersifat stimulan saja, dikatakan berhasil apabila dari dana stimulan yang diberikan target swadaya sebesar 25% dapat tercapai dan penyelesaian kegiatan tuntas. (reporter: Dimas Adji :p)

Rumah Bapak Ismun sebelum di bedah

Kritik dan Saran

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s