Guru yang Baik ketika Mengajar


Guru yang baik pada dasarnya adalah manusia yang baik. Mereka memiliki kepribadian penyayang, baik, hangat, sabar, tegas, luwes dalam perilaku, bekerja keras, serta berkomitmen pada pekerjaan mereka. Pusat perhatian mereka bukanlah pada buku teks atau kurikulum, tetapi pada anak! Mereka sangat menyadari beragamnya cara anak-anak belajar, perbedaan antar anak-anak dan pentingnya metode beragam untuk mendorong siswa semangat belajar.

Dia memperlakukan tiap siswa dengan setara. Dalam kebaikan hatinya, dia tidak pernah memihak. Jika siswa melakukan sesuatu yang salah, tidak menyalahkan kami. Guru sebaiknya berkata sambil tersenyum: “Kesalahan Bagus! Kesalahan membantu kalian menemukan masalah-masalah, dan bisa didiskusikan bersama”.

Seorang guru harus memiliki kemampuan yang baik dalam menyampaikan materi yang diajarkannya, bila tidak maka yang terjadi adalah siswa akan kurang paham, tidak menyukai mata pelajaran tersebut atau bahkan anda sendiri sebagai pengajar tidak disukai. Hal-hal seperti ini tidak mendidik dan merugikan siswa yang anda didik.

Beberapa karakteristik guru yang diharapkan sebagai berikut:

  1. Guru memahami dan menguasai materi yang diajarkan
  2. Guru mengetahui karakter siswanya
  3. Mengetahui metode dan strategi pembelajaran yang baik
  4. Mampu mengaktifkan siswa ketika proses belajar
  5. Guru memiliki pengetahuan yang luas sehingga mampu menghubungkan materi pada kehidupan nyata.

Guru adalah panutan, jadi apapun yang dilakukan guru baik di sekolah maupun diluar sekolah harus mencerminkan karakter guru yang baik. Seorang guru harus tepat menempatkan dirinya, selain sebagai profesi, guru adalah sumber pengetahuan dan pendidikan yang baik bagi anak didiknya..

2 responses to “Guru yang Baik ketika Mengajar

Kritik dan Saran

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s