Bilangan Tak Hingga dan Tak Terdefinisi


Sering kali kita bingung memahami antara bilangan tak hingga dengan tak terdefnisi. Sebenarnya perbedaannya dimana, atau jangan-jangan sama. Karena notasi yang digunakan pun sama yaitu .

Nah coba, kalau kita diminta menghitung bilangan dari kecil ke besar: 1,2,3,4,5,….. dan seterusnya. Mungkinkah bilangan ini akan berhenti? Toh sampai satu triliun pun, 1.000.000.000.000 akan ada bilangan yang selanjutnya yaitu 1.000.000.0001, 1.000.000.000.002 dan seterusnya tanpa henti. Bilangan yang tanpa henti inilah disebut bilangan tak berhingga. Jadi bisa dibilang tak hingga itu bukan sebuah bilangan tetapi sekedar sebutan kepada bilangan yang tanpa henti, tetapi disini bilangannya terdefinisi. Contoh yang lain: 2,4,6,8,10,….. terdefinisi selisih tiap bilangan bertambah dua.

Bagaimana dengan tak terdefinisi, apakah sama dengan tak hingga. Contoh tak terdefinisi adalah , jadi setiap bilangan yang dibagi nol (0) akan menghasilkan tak terdefinisi, bukan tak hingga. Artinya memang tidak bisa dijelaskan. Contoh kongkrit: saya punya 6 buah apel, saya bagikan kepada 2 orang. Maka tiap orang akan mendapat 3 apel ( 6 : 2 = 3)

Bagaimana kalau 6 apel dibagi kepada 1 orang, maka akan menghasilkan 6 ( 6 : 1 = 6)

Bagaimana dengan 6 apel dibagi kepada 0 orang, maka bagaimana hasilnya??

 

Di sini lah kadang apabila kita belajar matematika harus hati-hati ketika menghitung apakah menghasilkan bilangan tak hingga atau tak terdefinisi. Memang matematika itu penuh misteri. Semoga dengan sedikit penjelasan di atas kita jadi lebih tahu tentang bilangan tak berhingga dan tak terdefinisi. Salam..

Kritik dan Saran

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s