Infotorial Dana Ekonomi


Dana bidang ekonomi yang dikelola oleh BKM pada Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM-MP) BUKAN DANA HIBAH (tidak diberikan cuma-cuma), tetapi harus dikembangkan melalui kegiatan pinjaman bergulir. Dana ini perlu dikembangkan karena tidak selamanya pemerintah akan memberikan bantuan kepada masyarakat.

Pinjaman yang diberikan oleh BKM ini di harapkan mampu membantu seluruh warga masyarakat Nologaten untuk bisa membuka usaha baru atau menambah modal usaha sehingga pada akhirnya tujuan program ini tercapai, yaitu dapat mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan bersama.

BKM bukan koperasi, karena jasa yang diambil tidak untuk keuntungan lembaga tetapi akan dialokasikan untuk kegiatan lingkungan (pembuatan, perbaikan, pemeliharaan) dan kegiatan sosial (santunan, beasiswa, bantuan pengobatan) serta penambahan modal pinjaman. Secara tidak langsung warga yang ikut dalam kegiatan pinjaman bergulir maka akan membantu program pengentasan kemiskinan pada PNPM-MP.

Sehubungan dengan hal di atas, maka dibutuhkan kepedulian dari semua pihak untuk ikut berpartisipasi aktif mensukseskan program milik masyarakat ini. Kesadaran masyarakat tentang pentingnya program ini sangat dibutuhkan demi kelancaran kegiatan-kegiatan BKM ke depan dalam upaya mengentaskan kemiskinan.

Kritik dan Saran

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s