Asal usul nama Indonesia


Istilah “Indonesia” sesungguhnya berasal dari bahasa latin: Indo – Nesioi. Indo berasal dari kata Indus, yang berarti Hindia. Sedangkan Nesioi merupakan bentuk jamak dari Nesos, yang berarti Pulau-pulau. Jadi Indonesia sebenarnya memiliki arti sebagai “Pulau-Pulau Hindia”.

Istilah “Indonesia” pertama kali ditemukan oleh James Richardson Logan dan George Samuel Mindsor Earl. Keduanya adalah etnolog Inggris. Earl menganggap jika koloni Belanda harus punya nama yang khas agar tidak tertukar dengan penyebutan wilayah yang lain. Earl mengajukan dua nama: Indunesia atau Malayunesia. Ia memilih nama yang terakhir berdasarkan nama ras penghuninya, ras Melayunesia.

Namun Logan kurang sependapat. Ia menilai nama Indunesia lebih sesuai karena merujuk pada Indian Islands atau Indian Archipelago. Logan mengganti huruf “u” dengan “o” agar pengucapannya lebih mudah di lidah. Maka jadilah “Indonesia”. Namun nama ini pun di lidah bangsa Indonesia sendiri sepertinya sulit, karena lebih banyak orang Indonesia sendiri yang menyebut “Indonesia” dengan ejaan “Endonesia”.

Nama yang ditemukan oleh Earl dan Logan ini kemudian dipelihara oleh Adolf Bastian. Etnolog Jerman kelahiran kota penghasil tembakau Bremen, 26 Juni 1826, inilah yang mempopulerkan nama “Indonesia” ke kancah dunia.

Pesona Indonesia

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Kritik dan Saran

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s