Makna ulang tahun


Kue Ulang TahunUlang tahun berarti hari dimana pada saat hari itu kita dilahirkan di dunia. Ada yang merayakaannya dengan kumpul dengan keluarga, teman atau orang terdekat. Tapi ada juga ulang tahun sebagai introspeksi diri, atas apa yang sudah dilakukan dengan umur yang sudah diberikan.

Dalam islam tidak ada perintah atau larangan untuk merayakan ulang tahun. Namun bila ulang tahun itu lebih banyak mudharatnya dari pada manfaatnya, apalagi menghabiskan biaya yang cukup besar, maka lebih bijaksana bila tidak dirayakan secara berlebihan.Air dalam gelas

Kalau dalam kiasan, ulang tahun itu seperti minum air dalam gelas. Apabila kita minum segelas air kemudian tinggal setengah gelas, ada dua makna yang bisa kita ambil dari hal ini. Yang pertama, setengah gelas yang sudah kita minum membuat dahaga kita jadi hilang. Yang kedua, air didalam gelas yang sebelumnya penuh kini tinggal setengah gelas.

Umur yang sudah kita lalui apabila kita gunakan dengan baik seperti hilangnya dahaga dengan minum setengah gelas tadi. Tetapi jatah umur kita sudah berkurang seperti air dalam gelas. Tinggal setengah gelas lagi yang akan kita minum. Tinggal setengah lagi jatah umur yang akan kita jalani dalam hidup ini.

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kalian kerjakan”. (QS. Al Hasyr: 18)

Semoga dengan sedikit catatan ini menjadi introspeksi bagi kita semua. Amin… J

Kritik dan Saran

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s