Sate Ayam Khas Ponorogo

Kalau datang ke Ponorogo tentu kurang lengkap rasanya apabila tidak berwisata kuliner. Ada nasi pecel, soto ayam, sate ayam, warung akringan,  dawet jabung dan masih banyak lagi. Salah satu yang khas adalah sate ayam. Sampai Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhono tidak ketinggalan mencicipi makanan lezat ini.

Menurut cerita orang-orang bahwa di Ponorogo ada tiga kelompok sate ayam. Yaitu di daerah Purbosuman, Gang Sate (Jl.Lawu) dan Setono. Setiap daerah memiliki rasa dan ciri yang berbeda. Sate ayam Purbosuman bentuk dagingnya diiris menyerupai balok, kalau sate ayam Gang Sate bentuknya melebar panjang dan sambelnya manis. Sedangkan sate ayam Setono bentuknya kecil-kecil dan sambelnya pedas manis.

Diantara pengusaha sate ayam yang sukses adalah Bapak Ichwandhono.  Bermula dari kumpulan pemuda masjid yang merencanakan mendirikan usaha sate ayam. Dimana tenaganya di ambil dari orang Gang Sate yang memiliki kemampuan mahir dalam ilmu persatean (Mbah Inen).

Tahun 2002, dengan berdirinya usaha sate ayam, Bapak Ichwandhono tentu tidak berdiam diri, ibarat menyelam sambil minum air. Dengan ikut membantu memotong ayam, mengirisnya sampai membuat sambel dipelajari secara tidak langsung dari Mbah Inen.

Setahun berlalu dan dengan pengalaman yang didapat akhirnya Bapak Ichwan membuka usaha sate ayam sendiri tepatnya di Jalan Arif Rahman Hakim (Utara Pabrik es). Dan sampai sekarang usahanya pun semakin berkembang.

Bagi anda pembaca yang merasa ingin mencicipi atau kangen terhadap rasa khas kuliner Ponorogo sate ayam ini, silahkan menghubungi ke Contact Us  Bisa siap di kirim (harga belum termasuk biaya kirim) Thanks ya….

2 responses to “Sate Ayam Khas Ponorogo

Kritik dan Saran

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s