Tentang

Menyadari sepenuhnya bahwa untuk melaksanakan program penanggulangan kemiskinan yang lestari dan berkesinambungan diperlukan sebuah lembaga keswadayaan yang secara terus-menerus mampu menjadi wadah membangun kebersamaan dan menumbuhkembangkan serta melestarikan nilai-nilai universal kemanusiaan.  BKM Amanah adalah lembaga yang dipimpin secara kolektif kolegial, bersifat otonom, independen yang diprakarsai dan dibentuk langsung oleh masyarakat. Tujuan adanya lembaga ini untuk melakukan pemberdayaan masyarakat, mengatasi berbagai masalah di masyarakat, khususnya masalah kemiskinan, menumbuhkan kembali ikatan dan solidaritas sosial antar warga agar saling bekerja sama demi kebaikan dan kesejahteraan masyarakat. Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Amanah Kelurahan Nologaten merupakan lembaga milik masyarakat Nologaten secara keseluruhan.

BKM adalah salah satu komponen yang penting dalam pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM-MP). Alat-alat kelembagaan yang ada pada BKM adalah sebagai berikut:

  1. Pimpinan Kolektif, orang-orang yang duduk dalam BKM dipilih langsung oleh masyarakat sebagai perwakilan untuk mengatur dan mengelola dana bantuan masyarakat agar tepat sasaran.
  2. Relawan, utusan warga tiap RT dimana tugasnya mengkoordinir segala permasalahan terkait dengan kemiskinan di lingkungannya untuk disampaikan kepada BKM.
  3. Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM), Kelompok masyarakat yang dibentuk berdasarkan kesukarelawanan, memiliki ikatan sosial, memiliki tujuan dan domisili yang sama untuk melaksanakan program yang telah disepakati
  4. Sekretariat, sebagai unsur pelaksana administratif kegiatan sehari-hari BKM.
  5. Unit Pengelola Lingkungan (UPL), sebagai unit pelaksana berkenaan dengan pengelolaan di bidang pembangunan, perbaikan dan pemeliharaan lingkungan.
  6. Unit Pengelola Sosial (UPS), sebagai unit pelaksana berkenaan dengan kegiatan-kegiatan sosial dalam masyarakat.
  7. Unit Pengelola Keuangan (UPK), sebagai unit pelaksana yang bertugas dalam pengelolaan dana pinjaman bergulir.

Kritik dan Saran

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s